Memahami Apa Itu Anxiety Disorder( Gangguan Kecemasan)

Memahami Apa Itu Anxiety Disorder( Gangguan Kecemasan) – Rasa takut ataupun anxiety merupakan perihal yang wajar dialami kala seorang mengalami suasana ataupun mendengar kabar yang memunculkan rasa khawatir ataupun takut. Tetapi, anxiety butuh diwaspadai bila timbul tanpa karena ataupun susah dikendalikan, sebab dapat jadi perihal tersebut diakibatkan oleh gangguan kecemasan.

Memahami Apa Itu Anxiety Disorder( Gangguan Kecemasan)

Gangguan kecemasan serta anxiety bukanlah sama. Rasa takut terbilang wajar apabila masih terkontrol serta lenyap sehabis aspek faktor timbulnya rasa takut teratasi. Tetapi, bila perasaan takut menetap ataupun memburuk sampai kesimpulannya mengusik kegiatan tiap hari, keadaan tersebut bisa dikatakan selaku gangguan kecemasan( anxiety disorder).

  • Gejala Umum Dikala Anxiety Disorder

Sesungguhnya, ciri serta indikasi anxiety disorder bergantung pada tipe gangguan kecemasan yang dirasakan pengidapnya. Berikut ciri serta indikasi gangguan kecemasan bersumber pada jenisnya.

– Gampang merasa letih.
– Gelisah terus- menerus
– Kesusahan berkonsentrasi ataupun benak kosong
– Gampang marah serta tersinggung
– Banyak berkeringat
– Kesusahan mengatur perasaan khawatir
– Badan terasa lemas
– Gemetaran
– Detak jantung cepat
– Nafas cepat

  • Jenis Anxiety Disorder

Anxiety Disorder ataupun gangguan kecemasan terdiri dari sebagian berbagai tipe. Berikut merupakan sebagian tipe dari gangguan kecemasan yang butuh dikenal:

– Gangguan Kecemasan Umum( Generalized anxiety disorder)

Seorang yang mengidap gangguan kecemasan universal dapat merasa takut ataupun takut secara kelewatan terhadap bermacam perihal, mulai dari pekerjaan, kesehatan, sampai hal- hal yang simpel, semacam berhubungan dengan orang lain.

Anxiety yang timbul akibat gangguan kecemasan universal dapat dialami tiap hari serta menetap sampai lebih dari 6 bulan. Dampaknya, pengidap gangguan kecemasan ini hendak jadi susah menempuh kegiatan serta pekerjaan slot resmi tiap hari. Tidak hanya timbulnya rasa takut yang mengusik, pengidap gangguan kecemasan universal pula bisa merasa kilat letih, tegang, mual, sakit kepala, susah berkonsentrasi, sesak, serta tidak bisa tidur.

– Agoraphobia

Kamu menderita agoraphobia bila mempunyai perasaan khawatir serta kerap menjauhi tempat ataupun suasana yang menimbulkan Kamu merasa panik, terjebak, tidak dapat memohon tolong, serta merasa malu.

– gangguan kecemasan berpisah( separation anxiety disorder)

Tipe yang satu ini umumnya dirasakan oleh kanak- kanak pada masa berkembang kembangnya. Umumnya, keadaan ini diakibatkan perpisahan yang terjalin antara si anak dengan orang tua ataupun figur pengganti orang tua di sekitarnya.

– Fobia

Fobia bisa timbul akibat terdapatnya rasa khawatir yang berlebih ataupun tidak masuk ide hendak sesuatu kondisi. Fobia ini hendak sangat bermacam- macam antara satu orang serta orang yang lain. Tetapi pada sebagian permasalahan fobia dirasakan oleh seorang yang khawatir terhadap laba- laba, ketinggian, hitam, maupun ruangan yang tertutup.

Keadaan ini membuat pengidap merasakan rasa khawatir berlebih serta tidak beralasan kala terletak di ruangan yang universal. Misalnya saja terdapat orang yang khawatir menaiki eskalator, naik pesawat, warna serta pola tertentu.

Tulisan ini dipublikasikan di Kelainan Mental. Tandai permalink.